Manfaat Ngabuburit untuk Menambah Pahala Puasa

12 Jul 2013

Assalamualaikum
Hai temen2, tak terasa kita sudah masuk pada hari ke 4 puasa ramadhan, sore-sore gini enaknya ngapain yaa !! temen2 pasti taukan dengan tradisi menghabiskan waktu sembari menunggu waktu berbuka puasa? yup, benar sekali, ngabuburit!! sekedar pengetahuan bahwasannya ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yang artinya menghabiskan waktu sore pada saat melakukan puasa. Baik puasa di bulan Ramdhan, ataupun puasa sunnah. Namun seringkali ngabuburit disalah kaprahkan, disia sia dan malah ujung-ujungnya menambah dosa. loh kog bisa!! gini, misal disaat puasa kita malah ngabuburit dengan melakukan hal-hal dibawah ini ;

  • tidur-tiduran
  • nongkrong sambil ngegosip
  • nongkrong di pinggir jalan sambil pamer paha “khusunya para cewek”
  • nonton
  • main game
  • jalan-jalan
  • mengajak pacar jalan2 plus memadu kasih
  • membakar petasan

Tuh, miris bangetkan, puasa yang seharusnya menahan dari segala hal yg membatalkan puasa eh malah secara tidak sadar kita telah melakukan hal-hal yang bisa mengurangi pahala puasa kita. Namun temen-temen jangan khawatir karna kali ini saya akan berbagi tips ngabuburit yang islami banget dan insyaallah akan menambah pahala puasa kita, amin.

Mendengarkan Tausiah di Masjid


Pada bulan puasa kaya gini pasti dimasjid-masjid diselenggarakan tausiah tuh, biasanya tema yang dingakat tak jauh dari fenomenan kehidupan sehari2 dan pengetahuan islam. Sayang banget kan kalau hal tersebut sampai terlewatkan.

Mengajak Keluarga Tadarus Al-Qur’an


Maksud tadarus AL-Qur’an disini ialah membaca, mempelajari, serta memahami isi kitab suci Al-Qur’an baik secara sendiri atau berjamaah. aktivitas tersebut sangat efektif untuk menambah pengetahuan agama kita dan memperlancar membaca Al-Qur’an.

I’tikaf di Masjid


I’tikaf adalah berdiam diri dalam masjid mendekatkan diri kepada Allah. Terlalu banyak makan minum, tidur, bicara, sering bergaul merupakan faktor-faktor yang mampu memperkeruh hati, dan semua hal itu bisa memutus perjalanan hati menuju kepada-Nya insyaallah dengan amalan ini nantinya bermanfaat untuk meningkatkan hubungan kita dengan rab “hablum minallah”.

Menyiapkan Takjil


hmmm kegiatan yang satu ini sangat cocok buat temen2 cewek, tapi cowok juga boleh kog :) , sembari menunggu waktu berbuka puasa ada baiknya kita membatu ibu memasak untuk persiapan berbuka puasa, tak hanya itu kalian juga bisa sedikit berbagi takjil kepada tetangga atau saudara hitung-hitung mempererat tali silaturahim.

NgaBLOGburit

Ngablogburit !! apaan tu ? ngablogburit adalah program yang diselenggarakan Blogdetik sekitar jam 3 sore Blogdetik mengajak blogger untuk posting di blog dengan tema yang berganti seiap harinya yang ditentukan oleh penyelenggara untuk yang artikel yang terpilih akan mendapatkan hadiah uang tunai.

Trus darimana bisa nambah pahala ? pertanyaan bagus :) “padahal nggak ada yang tanya” . Gini, disitu kita kan disuruh posting artikel tu, kalau ada yang baca artikel kita otomatis ……….. lah disitulah kita mendapatkan pahala, syukur-syukur menang udah dapet pahala dapet duit lagi, hayoo gimana tu, berminat nggaak, :) untuk selengkapnya baca Syarat dan Ketentuan jangan lupa join sekalian.

Semoga tips diatas bermanfaat dan tak lupa saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa.


TAGS ngabuburit ngablogburit


-

Author

Follow Me

Search